Indosat Siap Layani Kebutuhan Komunikasi Pelanggan

Sambut Natal 2014 dan Tahun Baru 2015
JAKARTA – Indosat siap melayani kebutuhan komunikasi pelanggan saat Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringannya, di mana pada masa tersebut biasa berbarengan dengan masa liburan akhir tahun dan menyebabkan kenaikan trafik telekomunikasi. Dengan menjaga performansi jaringannya, Indosat menjamin kelancaran dan kenyamanan komunikasi pelanggan agar tidak menemui kendala yang berarti.
“Menghadapi masa Natal 2014 dan Tahun Baru 2015, serta liburan akhir tahun ini, Indosat telah menyiapkan kapasitas layanan yang disesuaikan dengan perkiraan kenaikan trafik yang akan terjadi di masa-masa tersebut. Hal ini sebagai wujud komitmen kami untuk memastikan pelanggan tetap mendapatkan pengalaman terbaik menggunakan layanan Indosat serta ketiadaan kendala selama berkomunikasi. Di tahun ini Indosat telah menyelesaikan modernisasi jaringannya di 23 kota untuk meningkatkan kekuatan sinyal, jangkauan sinyal yang lebih luas, dan layanan data yang lebih baik”, ujar Adrian Prasanto, Division Head Public Relations.
Indosat melakukan berbagai upaya antisipasi kenaikan trafik melalui peningkatan kapasitas jaringan dan juga optimalisasi jaringan pada wilayah-wilayah dengan trafik padat saat Natal, Tahun Baru dan libur akhir tahun.
Peningkatan Kapasitas Jaringan
Mengantisipasi kenaikan trafik selama Natal 2014, Tahun Baru 2015 dan libur akhir tahun ini, Indosat meningkatkan kapasitas seluruh layanan telekomunikasinya baik suara, sms, maupun data. Untuk kapasitas trafik suara menjadi 2.340 juta menit/hari (39 juta erlang/hari), untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,285 milyar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1075 Terabyte/hari. Secara nasional, hingga triwulan ketiga 2014, Indosat melayani 54,2 juta pelanggan, dengan didukung total BTS yaitu 37.382.
“Peningkatan kapasitas ini didasarkan pada pengalaman peningkatan trafik telekomunikasi di masa-masa Natal, Tahun Baru dan liburan akhir tahun pada tahun-tahun sebelumnya serta prediksi kenaikan trafik yang akan terjadi pada tahun ini sehingga kapasitas ini diharapkan mampu mengantisipasi kenaikan trafik yang terjadi. Pada hari Natal, 25 Desember 2014 kemarin, trafik suara nasional mengalami peningkatan sebesar 5,13%, trafik data naik 40,89%, dan trafik SMS naik 12,76 dibanding hari biasanya,” tambah Adrian Prasanto.
Selain itu, Indosat juga melakukan monitoring performasi jaringan selama masa-masa kenaikan trafik tersebut melalui pengoperasian Command Center, yang beroperasi selama 24 jam penuh dengan kemampuan mendeteksi dan menangani gangguan jaringan dengan cepat dan terintegrasi secara nasional dengan pusat kendali di Jakarta.