Archives

This is archives page of BeritaKalimantan. Currently the archives consist of 7 posts, 7 pages and 97 comments, with a total of 55 categories and 441 tags.

Monthly Archives

Categories

PONTIANAK – Pra Pilkada Desember 2020 Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat di medsos khususnya FB mulai ramai bermunculan dukung mendukung paslon. Sejauh ini para masing-masing pendukung masih sopan beragumen dengan narasi-narasi positif dan meme-meme yang sopan.

Semoga ini menjadikan pertanda bahwa rakyat semakin cerdas dalam berargumen politik tanpa SARA dan penuh dengan etika dan kesantunan.

Mesin politk di Bumi Uncak Kapuas ini masih baru mulai dijalankan, mesin pun belum panas. Namun meskipun mesin nantinya panas, rakyat tetap sejuk tanpa provokasi-provokasi yang tidak jelas dan penuh celaan yang tidak baik.

Kita ketahui, panasnya Kalbar saat Pilkada kemarin di Pilgub 2018 lalu. Cacian makian bahkan SARA sudah berseliweran di Medsos. Semoga Pilkada Kapuas Hulu, tidak mencontoh ketidak elokan kampanye para pendukung seperti di Pilgub.

Pasangan di KH juga sudah jelas terlihat, Untuk bakal calon bupati dan wakil bupati Kapuas Hulu, yang sudah mendapatkan surat rekomendasi dari Partai, seperti Fransiskus Diaan – Wahyudi Hidayat (PDIP dan PAN), Hamdi Ja’far – Jhon Itang (Gerindra, Demokrat, dan PKPI), dan H Baiduri – Rufina (PPP, NasDem, PKB, dan Hanura).

Disini di 2020 akan di uji demokrasi rakyat KH yang tentu sudah semakin bijak dan smart dalam bekampanye dan berpolitik. Semoga..(OK)

LANDAK – Sebanyak 23 orang peserta seleksi terbuka dan kompetitif pengisian posisi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Pemerintah Kabupaten Landak kini dimulai. Tahapan yang diselenggarakan Panitia Seleksi (Pansel) yakni uji kompetensi yakni penulisan makalah.

Terkait seleksi tersebut, Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengatakan uji kompetensi dilaksanakan untuk mengisi beberapa jabatan yang saat ini dinyatakan kosong.

“Pertama-tama kami sampaikan selamat dan sukses kepada peserta yang sudah lolos tahap pertama yakni seleksi administrasi. Seleksi ini sangat penting dan wajib dilaksanakan guna mencari calon pejabat yang benar-benar berkompeten untuk menempati jabatan yang saat ini belum terisi. Kita berharap para peserta tetap semangat dalam mengikuti seluruh tahapan ini sampai akhir,” ujar Bupati Landak, Jum’at (15/10/21).

Sementara itu Sekda Landak Vinsensius mengatakan bahwa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang saat ini kosong dilelang memerlukan personil yang mumpuni dan dapat membantu Bupati dan Wakil Bupati untuk mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan.

“Kita membutuhkan para personil yang cakap dan mampu melaksanakan program yang telah ditetapkan oleh Ibu Bupati. Bapak/Ibu yang mengikuti seleksi hari ini adalah orang-orang pilihan, karena tidak setiap pegawai atau pejabat dapat mengikuti seleksi ini mengingat untuk memenuhi hal ini diperlukan banyak persyaratan yang harus dipenuhi diantara sudah mengikuti pendidikan khusus dan lainnya,” Sekda Landak saat membuka kegiatan.

Kepala BKPSDM Marsianus mengatakan jabatan yang dilelang ini sebanyak 5 posisi sedangkan untuk peserta yang dinyatakan memenuhi syarat dalam mengikutinya adalah sebanyak 23 orang.

“Adapun seleksi ini digelar setelah posisi jabatan sebelumnya dinyatakan kosong sebanyak 5 OPD yakni Inspektur Kabupaten Landak, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan, serta jabatan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik,” ucap Marsianus.

Tahapan pelaksanaan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Pemerintah Kabupaten Landak ini sebanyak 11 tahapan yakni Pengumuman, Penerimaan Berkas, Seleksi Tahap Pertama, Pengumuman Hasil Seleksi Tahap Pertama, Seleksi Tahap Kedua, Pengumuman Hasil Seleksi Tahap Kedua, Seleksi Tahap Ketiga, Pengumuman Hasil Seleksi Tahap Ketiga, Seleksi Tahap Keempat, Pengumuman Hasil Seleksi Terbuka (3 Calon), dan Pelaksanaan Pelantikan.

LANDAK – Dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel serta mendorong pemerintah desa supaya memenuhi unsur ketepatan waktu dalam mengelola keuangan desa. Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Landak menggelar bimbingan teknis penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun 2022, Rabu (13/10/2021).

Hadir dalam kegiatan ini Sekda Landak Vinsensius mewakili Bupati Landak, Kepala OPD terkait, Para Camat, Para Kepala Desa beserta staf, tenaga ahli, hingga pendamping desa. Saat membuka kegiatan, Sekda Landak menyampaikan bahwa pembangunan yang baik bersumber dari perencanaan yang baik pula.

“Pemerintah Desa harus bisa menerapkan prinsip akuntabilitas dalam tata pemerintahannya, dimana semua akhir kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa dapat dipertanggungjawabkan. Salah satunya prioritas pembangunan yang berhubungan dengan keuangan desa karena pembangunan ini harus disesuaikan dengan potensi yang dimiliki supaya berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat,” ujar Vinsensius membacakan pidato Bupati Landak.

Selain itu dirinya juga mengatakan bahwa fokus Pemerintah Kabupaten Landak dalam mendukung pembangunan desa sudah tercantum dalam misi kelima Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah tahun 2017-2022 yakni Mewujudkan Desa sebagai pusat pembangunan.

“Misi kelima ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan dengan sasaran yakni meningkatnya pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, pemberdayaan masyarakat desa, serta meningkatnya tata kelola pemerintahan desa yang baik, transparan dan akuntabel,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala DPMPD Kabupaten Landak, Mardimo mengatakan bahwa peserta kegiatan ini terdiri dari berbagai unsur yang terkait dengan pemerintahan desa.

“Peserta Bimtek yakni Kepala Desa Se-Kabupaten Landak sebanyak 156 orang, Kaur Keuangan atau Staf yang menangani aplikasi Siskeudes sebanyak 156 orang, Pendamping desa Se-Kabupaten Landak sebanyak 28 orang. Kemudian kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari yang dibagi menjadi lima sesi dan untuk sesi pertama dimulai hari ini pukul 13.00 – 17.00 WIB,” jelas Mardimo.

LANDAK – Dalam Rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-22 Pemerintah Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Gebyar Vaksinasi Sinovac kepada masyarakat, yang telah dilaksanakan bersamaan pada acara HUT Ke-22 Pemerintah Kabupaten Landak di halaman kantor Bupati Landak, selasa (12/10/21).

Tujuan utama Gebyar Vaksinasi Sinovac ini dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi serta mencegah terkena atau mengalami gejala COVID-19 berat, melindungi orang lain, menghentikan penyebaran COVID-19, membantu melindungi generasi selanjutnya dan memeriahkan HUT Ke-22 Pemerintah Kabupaten Landak.

Bupati Landak Karolin Margret Natasa memantau secara langsung berjalanya proses pelaksanaan gebyar vaksinasi sinovac, dirinya juga menghimbau masyarakat untuk tertib dan selalu mentaati Protokol Kesehatan COVID-19.

“Program ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-22 Pemerintah Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat dan pelaksanaan gebyar vaksinasi massal ini tetap mengedepankan disiplin protokol kesehatan COVID-19 dalam pelaksanaannya sesuai anjuran pemerintah. Mari bersama-sama kita mensukseskan program Vaksinasi karena dengan divaksin kita dapat meningkatan kekebalan imun tubuh kita,” terang Karolin.

Lebih lanjut Karolin menyampaikan Gebyar Vaksinasi Sinovac yang di gelar oleh pemerintah Kabupaten Landak dalam rangka HUT Ke-22 Pemkab Landak kali ini dipersiapkan untuk 1800 orang. Sasaran utama adalah Ibu Hamil, Ibu Menyusui, Lansia dan Umur 12 tahun ke atas.

“Tetapi berdasarkan hasil data keterangan yang telah divaksin, jumlah peserta yang disuntik vaksin Sinovac mencapai 1700 orang dengan dominan pada peserta vaksinasi dosis pertama dan kita terus melakukan percepatan vaksinasi di Landak,” ucap Karolin.

Bupati Karolin mengingatkan masyarakat yang telah divaksin untuk terus melaksanakan disiplin protokol kesehatan COVID-19 yang sesuai dengan anjuran Pemerintah.

“Vaksin sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh namun tetap harus dibarengi dengan pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19. dikarena dampak Pandemi COVID-19 ini masih terjadi di Indonesia termasuk di Kabupaten Landak,” terang Karolin.

Dari data yang telah disampaikan oleh Puskesmas Ngabang pada Gebyar Vaksinasi Sinovac dalam rangka HUT Pemkab Landak Ke-22 tahun yakni untuk Masyarakat Umum Dosis 1 sebanyak 1594 Orang, Remaja Dosis 1 sebanyak 73 orang, Pelayan Publik Dosis 2 sebanyak 3 orang, Jumlah yang tidak bisa terentry karena gangguan pada aplikasi sebanyak 281 orang, Jumlah yang terentry online sebanyak 1419 orang dengan Total Dosis 1 yakni 1697 orang dan Total Dosis 2 : 3 orang, Sehingga Total yang divaksin : 1700 orang serta Jumlah vaksin yang terpakai sebanyak 850 vial (Sinovac DD).

LANDAK – Bupati Landak Karolin Margret Natasa menyampaikan bahwa memasuki usia ke-22 tahun banyak pencapaian yang telah di raih oleh Pemerintah Kabupaten Landak salah satunya mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang kedelapan kalinya secara berturut-turut dari laporan keuangan pemerintah (LKPD) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

“Selain itu banyak pencapaian-pencapaian yang telah di raih oleh Pemerintah Kabupaten Landak seperti penanganan COVID-19 ini, yaitu mempercepat penanganan vaksinasi kepada  masyarakat,” ucap Karolin, selasa (12/10/21).

Lebih lanjut Bupati Karolin mengatakan total sasaran vaksinasi di Kabupaten Landak sebanyak 282.111 orang, sasaran yang telah divaksin pada dosis pertama sebanyak 69.124 orang dan sasaran dan pada dosis kedua sebanyak 36.050 orang.

“Sasaran vaksinasi meliputi dari SDM Kesehatan berjumlah 1.181 orang, Petugas Publik 20.772 orang, Lansia 24.119 orang, masyarakat umum atau rentan 193.293 orang dan remaja 42.746 orang,” jelas Karolin.

Pada bidang pertanian Karolin mengatakan pencapaian yang telah di raih pada potensi pertanian seperti padi dan jagung memiliki peningkatan produktivitas yang signifikan dari tahun ke tahun.

“Potensi pertanian Padi empat tahun terakhir dari Tahun 2017 produksi padi sebanyak 244.520 ton/GKG dari Luas Panen 78.990 Ha, tahun 2018 produksi padi sebanyak 296.228,83 ton/GKG dari Luas Panen 78.037,10 Ha, tahun 2019 produksi padi sebanyak 317.601,60 ton/GKG dari Luas Panen 88.567 Ha dan pada tahun 2020 produksi padi sebanyak 329.187,13 ton/GKG dari Luas Panen 88.183 Ha,” terang Karolin.

Untuk dibidang jagung juga memiliki peningkatan produktivitas yang signifikan dari tahun ke tahun sehingga produksi jagung dan padi Kabupaten Landak menduduki peringkat 2 di Kalimantan Barat.

“Produksi pertanian jagung empat tahun terakhir dengan potensi lahan yang sama yaitu 66.713,00 Hektare. Produksi jagung pada tahun 2017 sebanyak 11.899,00 Ton/GKG, Tahun 2018 Sebanyak 21.320,00 ton/GKG, tahun 2019 sebanyak 30,478,00 ton/GKG dan tahun 2020 Sebanyak 54.299,40 ton/GKG, dari data-data Produksi Pertanian Padi dan Jagung dari tahun ke tahun terjadi peningkatan yang signifikan,” tutup Karolin.

Untuk diketahui penghargaan yang diterima Pemerintah Kabupaten Landak sepanjang tahun 2019 adalah sebagai berikut :

1. Bantuan Merenovasi Ruang Kelas Belajar (RKB) SMA Negeri 4 Sengah Temila
2. Joint Summer Program 2019
3. Akreditasi Rumah Sakit
4. UPR yang Mendapatkan Nilai Excellent (sangat Baik) Dalam Pencapaian Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB)
5. Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori “Baik Dengan Catatan” Tahun 2019
6. Tata Kelola Pendidikan Guru dan Organisasi Profesi PGRI
7. Progress Pengiriman Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Terbaik
8. Kontribusi Terhadap Capaian Surplus Luas Tambah Tanam (LTT) Padi Pada Periode MT.Oktobers.d September Tahun 2017/2018 “Eva Oktaviani, SP”
9. Wirausaha Muda Nusantara
10. Mitra Pemberi Data Stok Gabah/Beras Kepada Badan Ketahanan Pangan kepada “Yanus”
11. Mitra Pemberi Data Stok Gabah/Beras Kepada Badan Ketahanan Pangan “Tubi”
12. Mitra Pemberi Data Stok Gabah/Beras Kepada Badan Ketahanan Pangan “Kadir”
13. Mitra Pemberi Data Stok Gabah/Beras Kepada Badan Ketahanan Pangan “Martono”
14. Mitra Pemberi Data Stok Gabah/Beras Kepada Badan Ketahanan Pangan “Oge Yohanes”
15. Mitra Pemberi Data Stok Gabah/Beras Kepada Badan Ketahanan Pangan “Imanuel Uwel”
16. Mitra Pemberi Data Stok Gabah/Beras Kepada Badan Ketahanan Pangan “H.Jani”
17. Mitra Pemberi Data Stok Gabah/Beras Kepada Badan Ketahanan Pangan “Ruslan/Rusdi”
18. Mitra Pemberi Data Stok Gabah/Beras Kepada Badan Ketahanan Pangan “Murjani”
19. Penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 Kabupaten Landak
20. Laporan Keuangan Tahun 2018 dengan Opini WTP
21. Indonesia Road Safety Award 2019

LANDAK – Pemerintah Kabupaten Landak pada 12 Oktober 2021 memasuki usia Ke-22 tahun, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kabupaten Landak Ke-22 tahun dilaksanakan secara sederhana dan dilakukan sesuai dengan standar protokol kesehatan yang dihadiri Pj Sekda Provinsi Kalimantan Barat, Wakil Bupati Sanggau, Forkopimda Landak, Kepala OPD Kabupaten Landak, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat yang bertempat di Kantor Bupati Landak serta diikuti oleh seluruh OPD dan instansi vertikal yang mengikuti melalui Video Conference.

Acara perayaaan HUT Ke-22 Pemerintah Kabupaten Landak di awali dengan Upacara pengibaran bendera yang di pimpin langsung oleh Bupati Landak Karolin Margret Natasa sebagai inspektur upacara, selain itu, pada HUT ke 22 Pemerintah Kabupaten Landak menggelar vaksinasi massal sebanyak 1800 dosis.

Bupati Landak Karolin Margret Natasa menyampaikan bahwa HUT Ke-22 Pemerintah Kabupaten Landak ini dapat merefleksikan kembali pembangunan, kemajuan yang ada di Kabupaten Landak terutama menghadapi Pandemi COVID-19.

“Kami berharap seluruh komponen masyarakat dan pemerintah bisa saling kompak dan bersinergi dalam hal pengendalian penyakit, dan selanjutnya ketika penyakit sudah terkendali maka kita bisa fokus pada pembangunan yang tertunda dikarenakan Pandemi COVID-19 ini,” ujar Karolin, selasa (12/10/21).

Lebih lanjut Karolin menyampikan Pemerintah Kabupaten Landak mengambil tema sesuai dengan tema hari Ulang Tahun kemerdekaan Indonesia, agar bagaimana Kabupaten Landak bisa tangguh dan tetap bisa tumbuh dalam situasi pandemi ini.

“Dalam Situasi Pandemi COVID-19 ini keuangan negara memang terganggu, selain itu perekonomian juga dalam situasi yang sulit, namun demikian pemerintah terus melakukan upaya-upaya yang responsif terhadap perkembangan situasi, sehingga perekonomian Indonesia pada tahun ini lebih baik dari pada tahun lalu,” jelas Karolin.

Bupati Karolin juga mengatakan Saat ini Situasi Pandemi COVID-19 mulai terkendali, namun tetap mempunyai tugas yang tidak kalah berat yaitu bagaimana melakukan percepatan Vaksinasi.

“Pada prinsipnya pemerintah daerah Kabupaten Landak siap untuk melakukan percepatan-percepatan dalam vaksinasi, namun demikian tergantung pada ketersediaan vaksin itu sendiri. oleh karena itu mudah-mudahan sistem koordinasi dan komunikasi baik dari kabupaten ke provinsi, maupun dari kabupaten ke pemerintah pusat bisa lebih baik lagi kedepanya,” terang Karolin.

Berdasarkan hasil evaluasi sambung Karolin memang ada sedikit keterlambatan data dalam aplikasi-aplikasi yang digunakan pemerintah untuk memonitor perkembangan vaksinasi, baik itu jumlah vaksin maupun masyarakat yang telah di vaksin. Data tersebut sudah diinput pada aplikasi namun tidak terupdate dengan real time, sehingga menjadi lebih lambat dalam percepatan vaksinasi.

“Oleh karena itu beberapa waktu yang lalu kami memohon kepada pemerintah provinsi agar melakukan komparasi data. Jadi mulai sekarang komparasi data itu perbandingan dengan data manual dengan data aplikasi dilakukan setiap hari paling lambat pukul 19:00 wib, dan itu pun masih ada kendala karena kadang-kadang Puskesmas melakukan vaksinasi dilapangan yang daerahnya belum ada jaringan internet. Pemerintah Kabupaten Landak akan terus berupaya dalam percepatan vaksinasi dan komitmen dalam mengejar ketertinggalan. Vaksinasi di kota kemungkinan sudah mencapai 57% dan dikabupaten landak sekitar 20%, mudah-mudahan pemerintah Kabupaten Landak dalam penanganan COVID-19 dapat dukungan oleh pemerintah provinsi dan pemerintah pusat,” tutup Karolin.