Archives

This is archives page of BeritaKalimantan. Currently the archives consist of 7 posts, 7 pages and 97 comments, with a total of 55 categories and 459 tags.

Monthly Archives

Categories

PONTIANAK – Pra Pilkada Desember 2020 Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat di medsos khususnya FB mulai ramai bermunculan dukung mendukung paslon. Sejauh ini para masing-masing pendukung masih sopan beragumen dengan narasi-narasi positif dan meme-meme yang sopan.

Semoga ini menjadikan pertanda bahwa rakyat semakin cerdas dalam berargumen politik tanpa SARA dan penuh dengan etika dan kesantunan.

Mesin politk di Bumi Uncak Kapuas ini masih baru mulai dijalankan, mesin pun belum panas. Namun meskipun mesin nantinya panas, rakyat tetap sejuk tanpa provokasi-provokasi yang tidak jelas dan penuh celaan yang tidak baik.

Kita ketahui, panasnya Kalbar saat Pilkada kemarin di Pilgub 2018 lalu. Cacian makian bahkan SARA sudah berseliweran di Medsos. Semoga Pilkada Kapuas Hulu, tidak mencontoh ketidak elokan kampanye para pendukung seperti di Pilgub.

Pasangan di KH juga sudah jelas terlihat, Untuk bakal calon bupati dan wakil bupati Kapuas Hulu, yang sudah mendapatkan surat rekomendasi dari Partai, seperti Fransiskus Diaan – Wahyudi Hidayat (PDIP dan PAN), Hamdi Ja’far – Jhon Itang (Gerindra, Demokrat, dan PKPI), dan H Baiduri – Rufina (PPP, NasDem, PKB, dan Hanura).

Disini di 2020 akan di uji demokrasi rakyat KH yang tentu sudah semakin bijak dan smart dalam bekampanye dan berpolitik. Semoga..(OK)

MEMPAWAH – Anggota DPR RI Komisi II, Badan Anggaran dan Tim pengawas DPR RI Bidang Pengawasan Perbatasan Fraksi PDI Perjuangan Dapil Kalimantan Barat I Drs. Cornelis, M.H menjadi Narasumber pada acara Seminar Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Mempawah, Sabtu (15/01/22).

Hadir dalam acara ini Anggota DPR RI Komisi I Dapil Kalimantan Barat II Krisantus Kurniawan, S.IP,.M.Si, Wakil Bupati Mempawah, Forkopimda Mempawah, Camat Mempawah, DAD Mempawah dan masyarakat.

Cornelis menyampaikan bahwa situasi seperti sekarang ini belum stabil, karena dunia tanpa terkecuali Indonesia masih dalam situasi pandemi COVID-19 dan usaha-usaha yang telah dilakukan oleh pemerintah sangat luar biasa, tetapi masih ada yang terpapar oleh COVID-19.

“Sekarang kita sudah terseleksi oleh alam, di tahun 2021 kita telah melewati masa Pandemi COVID-19 dan saat ini kita masih dalam keadaaan sehat, hal ini adalah salah satu yang sangat luar biasa. kenapa selain kita berusaha, berupaya sedemikian rupa, Tuhan juga menolong kita, maka dari itu kita harus bersyukur kepada Tuhan sesuai dengan kepercayaannya masing-masing,” ujar Cornelis.

Lebih lanjut Cornelis membahas tentang adat atau Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Mempawah mengadakan konsilidasi. Cornelis meminta agar organisasi dibuat memiliki tujuan yang ingin dicapai, selain itu bagaimana bergandengan tangan bersama-sama pemerintah memajukan masyarakat adat.

“Tugas organisasi adat ini membantu pemerintah mencerdaskan masyarakat, cerdas dan pintar. Kalau kita cerdas dan pintar tidak menjadi beban Negara, kita bisa hidup, kita menguasai ilmu pengetahuan, kita menguasai teknologi, bukan hanya kita berpangku tangan kepada orang lain,” tutur Cornelis.

Cornelis berharap kedepannya Dewan Adat Dayak memiliki peranan yang lebih menonjol, terutama mengajarkan masyarakat terhadap perkembangan zaman.

“Bukan soal menghukum orang, tapi yang paling penting bagaimana mengubah perilaku, cara berpikir yang lebih maju dan jangan ada lagi anak-anak kita yang stunting. Jadi pengurus DAD itu harus mau kerja dan tanpa mengharapkan imbalan, dan di isi dengan orang yang betul-betul mau bekerja demi kemajuan masyarakat adat,” tegas Cornelis.

Cornelis berpesan melalui pengurus Dewan Adat Dayak diharapkan bisa berkomunikasi dengan baik dan memberikan pemahaman kepada masyarakat sesuai dengan tingkat jenjang yang ada.

“Begitu banyak organisasi-organisasi Dayak dan tidak ada masalah organisasi itu banyak yang penting taat pada aturan, karena kita ada undang-undang ormas. Dan apalagi organisasi-organisasi itu di bentuk untuk membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat,” tutup Cornelis.

LANDAK – Bupati Landak Karolin Margret Natasa dan Kapolres Landak AKBP Stevy Frits Pattiasina didampingi Forkopimda Landak menerima kunjungan Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Suryanbodo Asmoro dalam rangka kunjungan pertamanya sebagai Kapolda Baru ke Kabupaten Landak serta silahturami dengan Fokopimda Landak dan jajaran anggota polres landak di Makopolres Landak, jum’at (14/01/22).

IMG-20220114-WA0072

Pada kunjungan Kapolda Kalimantan Barat di Kabupaten Landak juga dilangsungkan video conference bersama Kapolri terkait capaian vaksinasi yang dilaksanakan di Kalimantan Barat serta melakukan peninjauan vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan oleh Polres Landak.

Bupati Landak Karolin Margret Natasa dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungan Kapolda Kalimantan Barat ke Kabupaten Landak dapat memberikan semangat dan arahan kepada jajaran polres landak dan masyarakat terutama dalam menigkatkan capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Landak.

“Kami masih mengejar ketertinggalan capaian vaksinasi COVID-19 dengan memaksimalkan sinergi berbagai pihak termasuk tadi yang sudah dikunjungi bapak Kapolda yakni gerai vaksinasi COVID-19 di Polres Landak dan kami juga membuka gerai vaksinasi di Disdukcapil yang diperuntukan untuk masyarakat ketika ingin mengurus adminduk. Selain itu, kami juga membuka gerai di RSUD Landak terutama untuk para lansia,” ucap Karolin.

Bupati Karolin mengucapkan terimakasih kepada tokoh agama dan tokoh adat yang turut membantu mensukseskan pelaksanaan vaksinasi COVID-19, terkait untuk pencegahan masuknya COVID-19 varian Omicron Bupati Landak berupaya memaksimalkan isolasi di tingkat desa.

“Kami berterima kasih kepada tokoh agama dan tokoh adat yang selama ini bersama-sama berjuang mengendalikan COVID-19 di Kabupaten Landak. Terkait antisipasi varian baru kami memaksimalkan isolasi ditingkat desa dengan menggunakan dana desa, sehingga kita memanfaatkan suasana gotong royong yang ada di desa,” jelas Karolin.

Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Suryanbido Asmoro dalam arahannya mengatakan bahwa personil Polri harus bekerja secara proaktif dalam melaksanakan tugas, peka terhadap situasi dan yang terpenting selalu bersinegri dengan semua pihak.

“Proaktif dalam melaksanakan tugas, peka terhadap situasi dan kondisi yang ada diwilayahnya serta yang paling penting kalian jangan bekerja sendiri, tetapi sinergisitas dan bekerjasama dengan semua pihak. Sekecil apapun permasalahannya, jika kita bersama-sama tidak akan menjadi lebih meluas lagi,” terang Suryanbodo.

Diakhir kunjungan kerjanya Kapolda Kalimantan Barat memberikan bantuan kepada masyarakat yang melaksanakan vaksinasi serta memberikan penghargaan kepada tokoh agama dan tokoh adat terkait dukungannya kepada kepolisian dan pemerintah dalam mendukung pencegahan COVID-19.

LANDAK – Bupati Landak Karolin Margret Natasa melakukan kunjungan kerja bersama Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII Pontianak Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman dalam agenda gelar Vaksinasi COVID-19 di Desa Sungai Segak dan Desa Rantau Panjang, Kecamatan Sebangki juga turut mengingatkan kepada masyarakat pentingnya mematuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kunjungan tersebut Bupati Karolin juga mengajarkan kepada masyarakat cara mencuci tangan dengan tahapan yang benar serta mengingatkan menjaga diri sendiri dan keluarga agar tidak terkena COVID-19.

“Jadi yang pertama cuci tangan itu ambil sabun pada air mengalir kemudian digosok telapak tangannya, setelah itu punggung tangan, jari jempol, lalu buku-buku jari dari telunjuk hingga jari kelingking, dan langkah terakhir ujung-ujung kuku, baru dicuci lagi dengan air. Jadi ada 5 langkah cuci tangan,” ungkap Karolin saat memberikan sambutan di Desa Rantau Panjang, Rabu (12/01/22).

Bupati Karolin mengingatkan kepada para ibu-ibu untuk mengajak anak dan suami melaksanakan vaksinasi, karena jika ada anggota keluarga yang mengalami sakit maka para ibu-ibu yang akan bertanggung jawab untuk mengurusnya.

“Kalau kita sayang sama keluarga ingatkan mereka jika keluar rumah harus menggunakan masker dan jangan lupa disuruh datang vaksin, supaya kita semua sehat. Ibu-ibu kalau anak atau ayahnya sakit pasti kita para ibu yang repot,” kata Karolin.

Bupati Karolin berpesan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini merupakan wujud tanggung jawab pemerintah dalam melindungi masyarakat dari COVID-19, namun juga harus terus menerapkan protokol kesehatan dan adaptasi kebiasaan baru pada kehidupan sehari-hari.

“Pesan saya COVID-19 belum selesai sehingga kita tetap menjaga kesehatan karena bagaimanapun yang paling penting itu menjaga diri sendiri dengan menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan. Oleh karena itu, kita jaga kesehatan untuk keluarga dengan melaksanakan vaksinasi dan tetap menerapkan protokol kesehatan, karena ini semua dilakukan pemerintah hanya untuk menjaga kesehatan masyarakat,” pesan Karolin.

LANDAK – Bupati Landak Karolin Margret Natasa bersama Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman melakukan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Desa Sungai Segak dan Desa Rantau Panjang, Kecamtan Sebangki, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat dengan menggunakan transportasi air, rabu (12/01/22).

Program vaksinasi pada dua desa tersebut adalah kegiatan Vaksinasi Maritim TNI AL yang merupakan kerjasama antara Lantamal XII Pontianak bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Landak dengan tujuan agar wilayah-wilayah yang tidak bisa dijangkau dengan transportasi darat bisa dilakukan dengan jeluar trasnportasi lain agar masyarakat mendapatkan vaksinasi COVID-19 dari pemerintah.

Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengatakan bahwa kegiatan bersama dengan Lantamal XII Pontianak tersebut merupakan program yang membantu Pemerintah Kabupaten Landak dalam capaian target vaksinasi, karena dapat meyusuri wilayah pedalaman yang sulit dijangkau dengan transportasi darat.

“Kami bersama Lantamal XII Pontianak yang dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal XII menyisir masyarakat yang ada dipedalaman, agar dapat memperoleh vaksinasi COVID-19 dosis pertama. Hal ini dilakukan sesuai dari aturan pemeriantah harus mencapai target paling tidak 70 % vaksinasi pertama dan selanjutnya akan ada booster atau vaksinasi ketiga jika kita telah mencapai target tersebut. Desa Rantau Panjang dan Desa Sui Segak ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kubu Raya, desa ini merupakan desa yang sangat sulit dijangkau melalui jalan darat. Dengan menyusuri sungai ini, kita akan mengajak masyarakat agar dapat di vaksin sehingga target dapat tercapai” ucap Karolin.

Bupati Karolin menjelaskan pemerintah melakukan program vaksinasi COVID-19 ini untuk melindungi masyarakat dari penyebaran dan penularan COVID-19 di Indonesia serta dengan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini juga membuka aktivitas masyarakat seperti biasa dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Ini dalam rangka usaha pemerintah untuk mengurangi COVID-19 di Indonesia termasuk di Kabupaten Landak, karena dampak COVID-19 ini banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan anak-anak tidak bisa bersekolah dan COVID-19 berdampak pada situasi ekonomi. Oleh karena itu saya harapkan masyarakat untuk tetap mendukung pemerintah agar kita bisa kerja, bisa kembali bersekolah seperti biasa,” jelas Karolin.

Dalam Vaksinasi COVID-19 yang dilakukan di Desa Sungai Segak dan Desa Rantau Panjang sudah tervaksin sebanyak 276 orang. Selain itu, dalam kunjungan tersebut juga diresmikan Pelabuhan Rakyat Putri Dara Hitam di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Sebangki Kabupaten Landak dan menyerahkan bantuan Listrik tenaga surya dari Komandan Lantamal XII Pontianak kepada masyarakat.

LANDAK – Bupati Landak Karolin Margret Natasa melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Mempawah Hulu dengan agenda melihat pelaksanaan pelayanan vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Karangan, mengecek pelayanan pembuatan adminstrasi kependudukan (Adminduk) di Kantor Camat Mempawah Hulu serta meninjau lokasi rencana pembangunan rumah sakit baru, rabu (05/01/22).

Pemabangunan rumah sakit baru di Kabupaten Landak merupakan salah satu bentuk perhatian Bupati Landak untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang terjangkau, karena dengan wilayah Kabupaten Landak yang begitu luas tersebut membuat jarak tempuh yang begitu jauh jika harus pergi ke RSUD Landak yang berada di Kecamatan Ngabang.

“Seluruh Puskesmas di Kabupaten Landak saat ini sedang melayani vaksinasi COVID-19 setiap hari pada jam kerja, dan silahkan masyarakat pergi ke Puskesmas untuk melakukan vaksinasi COVID-19 seperti di Puskesmas Karangan ini. Kemudian saya juga mengecek lokasi rumah sakit pratama yang akan dibangun di Kecamatan Mempawah Hulu bertempat di Desa Tunang, mohon doa dan dukungannya agar pelayanan kesehatan di Kabupaten Landak bisa semakin baik,” ucap Karolin.

Bupati Karolin menjelaskan bahwa untuk pelayanan adminstrasi kependudukan (Adminduk) Pemerintah Kabupaten Landak juga memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan membukan pelayanan adminduk di Kantor Camat, sehingga masyarakat bisa lebih mudah mengurus data maupun berkas adminduk mereka.

“Masyarakat cukup datang ke kantor camat untuk mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte kelahiran, Akte kematian, surat nikah, Kartu Indentitas Anak dan berbagai layanan kependudukan lainnya bisa dilakukan di kecamatan. Semoga tahun ini semua kantor camat sudah bisa melayani pelayanan kependudukan sehingga masyarakat bisa semakin dekat dengan pelayanan,” jelas Karolin.

Bupati Landak menegaskan bahwa pembuatan adminstrasi kependudukan (Adminduk) tersebut tidak dipungut biaya atau gratis, namun apabila ada yang meminta biaya agar segera dilaporkan ke pemerintah.

“Perlu diketahui bahwa semua layanan kependudukan tersebut tidak dipungut biaya alias gratis, jika ada dipungut biaya segera melapor ke pemerintah daerah,” tegas Karolin.